Ramah Muslim, Ini Negara yang Asyik buat Liburan Akhir Tahun

Asda Mazhida - Wisata Kuliner Halal Tourism 06/11/2019
Pesta kembang api di Burj Khalifa pada perayaan malam tahun baru 2019 di Dubai, United Arab Emirates/(AFP)
Pesta kembang api di Burj Khalifa pada perayaan malam tahun baru 2019 di Dubai, United Arab Emirates/(AFP)

Oase.id- Pengujung 2019 kian menjelang. Sudahkah Muslim traveler menentukan hendak menghabiskan liburan di dalam atau luar negeri?

Jika lebih memilih menyambut tahun baru di luar Indonesia, berikut adalah negara-negara yang layak Anda kunjungi demi awal 2020 yang mengesankan:

Muscat, Oman

Oman merupakan salah satu negara Arab di Asia Barat Daya pesisir tenggara jazirah. Di sebuah kota bernama Muscat, para turis akan menemukan penduduk lokal yang cukup ramah dah bersahabat.

Lantaran letaknya secara geografis, nyaris setiap sudut kota ini cukup indah dipandang. Muscat terletak di antara pegunungan dan padang pasir. 

Soal bermalam, bolehlah menginap di Grand Millennium Hotel, salah satu hotel terbaik di Muscat. Jangan lupa kunjungi juga Masjid Agung Sultan Qaboos yang kerap disebut-sebut sebagai permata dalam dunia arstiketur Islam. Masjid yang baru rampung melakukan penyempurnaan pada 2001 ini bisa menampung hingga 20.000 jemaah sekaligus.

Masjid Agung Sultan Qaboos di Muscat, Oman/ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman.

Bo Kaap, Afrika Selatan

Bo Kaap yang terletak di Cape Town Afrika selatan. Kota ini merupakan wilayah yang didiami komunitas Muslim Benua Hitam. Konon, kota yang selalu hangat di sepanjang tahun ini memiliki banyak sisi keindahan, termasuk pada setiap sisi arsitektur kota dan bangunan-bangunan yang berdiri di dalamnya. 

Dikutip dari Mrandmrshalal.com, setiap bangunan di Bo Kaap memiliki keunikan berupa bentuk yang khas dengan warna-warna cat yang cerah.

Bandar Seri Begawan, Brunei

Brunei Darussalam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang cukup layak menjadi destinasi liburan. Bandar Seri Begawan, sang ibu kota negara ini akan menawarkan segala latar belakang dan kreasi bertajuk wisata Islam. 

Salah satunya Masjid Omar Ali Saifuddien. Konon, masjid ini merupakan bangunan tempat ibadah paling mengagumkan di Asia Pasifik.

Jangan lupa, sempatkan berkunjung ke Kampung Ayer, yakni sebuah desa yang dibangun di atas permukaan air. Untuk menikmati titik wisata ini, para turis biasanya diajak keliling sungai dengan menggunakan perahu. 

Okinawa, Jepang

Salah satu daerah di Jepang yang menjadi tujuan banya wisatawan adalah Okinawa. Kota ini juga cukup terkenal di kalangan wisatawan Muslim karena menawarkan aneka pilihan tempat, penginapan, dan restoran bersertifikat halal. 

Di Okinawa, traveler bisa menikmati sembilan warisan dunia UNESCO, termasuk akuarium terbesar didunia. Meskipun tidak terdapat masjid besar, namun kota ini melengkapi beberapa fasilitas tempat salat yang mudah diakses. 

Dubai, Uni Emirat Arab

Dubai paling cocok bagi para pelancong yang gemar berbelanja. Selama liburan di sini, traveler Muslim tidak akan dipusingkan dengan keberadaan makanan halal, penginapan, dan tempat beribadah. Di Dubai, terdapat lebih dari 200 masjid yang bisa diakses untuk beribadah. 

Saat memilih liburan ke Dubai, sempatkan diri mengunjungi Burj Khalifah alias gedung pencakar langit setinggi 828 meter dan dan terdiri 163 lantai. Titik kunjung andalan ini, tercatat sebagai bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibangun manusia.


(SBH)
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan