7 Mukjizat Nabi Muhammad: Dari Al-Quran Hingga Isra Miraj

Siti Mahmudah - Nabi Muhammad Saw 11/04/2021
Gambar oleh Hamza Sefa Yılmaz dari Pixabay
Gambar oleh Hamza Sefa Yılmaz dari Pixabay

Oase.id - Setiap umat islam, wajib memercayai adanya mukjizat nabi dan Rasul. Lantaran, mukjizat merupakan kejadian luar biasa yang telah dikehendaki Allah SWT.

Salah satu mukjizat yang perlu kita ketahui dan percayai adalah mukjizat nabi terakhir umat islam, Nabi Muhammad ﷺ. Lantar, apa saja mukjizat luar biasa yang dimiliki Nabi Muhammad ﷺ?

Berikut adalah 7 mukjizat Nabi Muhamad ﷺ:

1. Al-Quran

Al-Quran merupakan firman Allah SWT yang diturunkan langsung kepada Nabi Muhammad ﷺ melalui perantara malaikat Jibril. Berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari. Juga, disebut sebagai mukjizat terbesar Nabi Muhammad ﷺ serta bernilai ibadah bagi para pembacanya.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Isra ayat 88 yakni sebagai berikut:
"Katakanlah: jika seluruh umat manusia dan jin berkumpul untuk menghasilkan seperti Al-Quran ini, mereka tidak menghasilkan sejenisnya, bahkan jika mereka saling membantu.” (QS. Al-Isra: 88)

2. Dapat membelah bulan

Dalam catatan sejarah, orang-orang musyrik pernah meminta Rasulullah ﷺ untuk menunjukkan mukjizat, maka beliau pun menunjukkan dengan terbelahnya bulan hingga hampir terpisah menjadi 2 bagian. Sebagaimana dalam QS. Al-Qamar ayat 1 yang berbunyi:

“Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan.” (QS. Al-Qamar:1)

3. Turun hujan

Pada satu masa, umat islam mengadu kepada Rasul atas kemarau berkepanjangan dan tidak turun hujan. Sementara itu, beliau khutbah Jumat di mimbar seraya berdoa agar turun hujan. Tak kunjung lamanya, tiba-tiba datanglah mendung yang bergulung-gulung sebesar gunung, dan turunlah hujan yang berkepanjangan hingga hari Jumat berikutnya. 

4. Air mengalir dari sela-sela jari jemari

Mukjizat lainnya, terpancarnya air dari sela-sela jemari Rasulullah ﷺ dan tidak hanya sekali terjadi, akan tetapi sering. Suatu ketika, pada hari Al-Hudaibiyah (perjanjian), orang-orang banyak yang kehausan. Mereka berbondong-bondong menuju Rasul dan mengatakan bahwa tidak punya air untuk wudu dan minum, kecuali sepanci air kecil yang tidak cukup untuk semuanya. Lalu, Nabi Muhammad meletakkan tangannya ke dalam panci dan air mulai mengalir dari jari jemarinya.

5. Menyembuhkan mata

Suatu ketika, kedua mata sahabat Ali bin Abi Thalib pernah sakit. Lalu, Rasulullah meludahinya. Sembuhlah pada saat itu juga, dan ia tidak sakit mata lagi. Selain itu, salah satu mata Abu Qotadah bin Nu’man adz-Dzofari keluar hingga jautuh di tangannya. Lalu, Rasul mengembalikannya. Matanya jauh lebih tajam dan dan bagus dibandingkan sebelumnya.

6. Segelas susu yang dapat mengenyangkan 

Mukjizat yang diterima selanjutnya, ketika Nabi Muhammad ﷺ melihat sahabatnya, Abu Hurairah yang miskin dan kelaparan duduk di tengah jalan. Nabi meminta Abu Hurairah mengikutnya sampai ke rumah. Di sana Nabi memberikan susu kepada Abu Hurairah dan sekumpulan sahabat lainnya hingga mereka merasa kenyang walaupun hanya dengan segelas susu. 

7. Peristiwa Isra Miraj

Mukjizat berikutnya, yakni isra miraj. Perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram ke Masjdil Aqsa dan dilanjutkan dari Baitul Maqdis ke Sidratul Muntaha. Di akhir perjalanan, Nabi Muhammad menerima perintah salat 5 waktu.

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Sirah Nabawiyah karya Syeikh Shafiyurrahman Al-Mubarakfuri


(ACF)