Sedang Banyak Penyakit Menyerang, Amalkan Doa Ini Agar Selamat!

Siti Mahmudah - Doa Sehari-hari 14/03/2021
Photo by Pixabay
Photo by Pixabay

Oase.id - Berdoa merupakan salah satu cara terbaik untuk selalu memohon pelindungan dari Allah SWT. Dalam hal ini berdoa memohon agar senantiasa dihindarkan dari segala jenis penyakit, termasuk wabah virus Covid-19 yang saat ini sedang menyerang. 

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, Aisyah r.a., berkata:

"Ketika Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam (SAW) sedang sakit, beliau biasa membaca Surat An-Nas dan Surat Al-Falaq, dan kemudian meniupkan nafasnya ke tubuhnya. Ketika penyakitnya bertambah parah, saya biasa melafalkan kedua surah itu dan meniupkan ke kedua tangannya. Lalu menggosokkan ke tubuh dengan tangannya sendiri."

Adapun beberapa doa yang dilafalkan Rasul agar terhindar dari segala penyakit yaitu sebagai berikut:

1. “Allahumma inni a'uzubika minal baros, wal junuun wal juzzam, wa min sayyi’il-asqam.”

Artinya:
“Ya Allah, aku mencari perlindungan kepada-Mu dari kusta, kegilaan, kaki gajah, dan penyakit jahat."

2. “Rabbana 'atinaa fid dunyaa hasanat wafil aakhirati hasana taw wa qinaa azaaban naar.”

Artinya:
"Ya Allah, Tuhan dan Penopang kami! Berilah kami kebaikan di dunia ini dan kebaikan di akhirat, dan selamatkan kami dari api Jahannam (Neraka)."

3. Membaca basmalah
“Bismillahirrahmaanir rahiim (dibaca 3 kali) & A‘dzu billhi wa qudratih min syarri m ajidu wa uhdziru.” (dibaca 7 kali).

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang (dibaca 3 kali). Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan.” (dibaca 7 kali)

Selain itu, dilansir dari NU Online, dianjurkan untuk membaca salawat tibbil qulub sesering mungkin. Agar terhindar dari penyakit berbahaya. Adapun lafalnya sebagai berikut:

“Allahumma sholli 'alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa'aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa sallim.”

Artinya:
“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.”

Demikian doa yang dilafalkan Rasul agar terhindari dari segala penyakit. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan dilindungi oleh Allah SWT.

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar An-Nawawiyah karya al-Imam Abi Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawaw


(ACF)