Ucapan Selamat Melahirkan dan Jawabannya

Sobih AW Adnan - Doa Sehari-hari 29/08/2020
Photo by Rene Asmussen from Pexels
Photo by Rene Asmussen from Pexels

Oase.id- Melahirkan sang buah hati adalah kegembiraan tiada tara bagi kedua orang tua. Terlebih, bagi sang ibu yang sudah mengandung 9 bulan lamanya dan mempertaruhkan nyawa demi kehadiran sang bayi di dunia.

Karunia melahirkan anak, tentu patut disyukuri. Karena hanya dengan pertolongan Allah Swt lah sang bayi dan ibunya bisa selamat lantaran dianugerahi nikmat kesehatan yang melimpah.

Rasa syukur ini tidak cuma layak dipanjatkan bagi kedua orang tua dan keluarga, akan tetapi juga bagi semua kerabat hendaknya banyak-banyak memanjatkan doa, mengungkapkan syukur, dan mengucapkan selamat atau tahniah.

Dalam Al-Adzkar An-Nawawiyah disebutkan, ketika menjenguk orang yang baru melahirkan hendaklah mengucapkan;


بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ ، وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

Barakallahu laka fil mauhubi laka wa syakartal wahib, wa balagha asyuddahu, wa ruziqta birrahu.

"Semoga Allah memberkahimu untuk anak yang diberikan kepadamu. Semoga engkau pun bersyukur kepada Sang Pemberi, dan dia dapat mencapai dewasa, serta engkau dikaruniai kebaikannya."

Baca: Pernah Tiba-tiba Kaget atau Terkejut ketika Tidur? Baca Doa Ini jika Mengalaminya

 

Ketika mendengarkan ucapan tersebut, sang ibu hendaklah menjawab;

بارَكَ اللهُ لَكَ، وَبَارَكَ عَلَيْكَ، جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا، وَرَزَقَكَ اللهُ مِثْلَهُ وَ أَجْزَلَ اللهُ ثَوَابَكَ

Barakallahu laka wabaraka alaik, jazakallahu khairan, wa razaqakallahu mitslahu wa ajzalalllahu tsawabak.

 

"Semoga Allah memberkahimu dan melimpahkan kebahagiaan untukmu dan memberikan balasan kepadamu dengan kebaikan, dan Allah memberikan karunia berupa rezeki setimpal serta melipat-gandakan pahalamu."

Baca: Ini Panduan Sebelum Tidur dari Rasulullah

 

Doa ini bersumber dari ulama era tabiin Hasan Al-Basri yang diajarkan kepada seseorang yang mengucapkan tahniah atas seseorang yang baru melahirkan.

ويستحب ان يهنأ بما جاء عن الحسن رضي الله عنه انه علمةانسانا التهنئة فقال : قل بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ ، وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

"Dianjurkan untuk membaca kalimat tahniah dari Hasan ketika beliau mengajarkan seseorang tentang kalimat tahniah untuk diucapkan. Beliau berkata, katakanlah Barakallahu laka fil mauhubi laka wa syakartal wahib, wa balagha asyuddahu, wa ruziqta birrahu."

 

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar Al-Muntakhabatu min Kalaami Sayyidi Al-Abraar atau Al-Adzkaar An-Nawawiyah karya Imam Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi.


(SBH)