Mudah Diamalkan, Ini Doa Pelaris Dagangan Beserta Artinya

Octri Amelia Suryani - Doa Sehari-hari 31/05/2021
Gambar oleh Antonio Cansino dari Pixabay
Gambar oleh Antonio Cansino dari Pixabay

Oase.id - Setiap individu memiliki kebutuhan masing-masing untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kebutuhan itu meliputi makanan, pakaian, tempat tinggal, dan kebutuhan-kebutuhan lain.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, setiap individu berkewajiban untuk berusaha mencari rezeki. Namun, dalam mencarinya harus dengan cara-cara yang halal sesuai dengan tuntunan Islam.

Salah satu usaha yang bisa dijalankan adalah berdagang. Berdagang juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad ﷺ. Hal ini disebutkan dalam satu hadis yang diriwayatkan Baihaqi bahwa, “Sesungguhnya sebaik-baiknya usaha adalah usaha berdagang.”

Perlu diketahui, tentu saja tidak asal-asalan dalam berdagang agar dagangan yang dijualbelikan laris dan mendapatkan keberkahan. Misalnya, penjual harus menjaga sikap yang ramah dan sabar dalam menghadapi pembeli. Sehingga mereka mau membeli barang dagangan yang dijualbelikan.

Agar dalam berdagang bisa lancar dan mendapat keberkahan, ada beberapa doa pelaris. Doa ini patut diamalkan para pedagang muslim.

1. Agar Terhindar dari Kerugian

عَسٰى رَبُّنَاۤ اَنۡ يُّبۡدِلَـنَا خَيۡرًا مِّنۡهَاۤ اِنَّاۤ اِلٰى رَبِّنَا رٰغِبُوۡنَ

Asaa rabbunaaa any yubdilanaa khairam minhaaa innaaa ilaa rabbinaa raaghibuuun

Artinya: Mudah-mudahan Tuhan kami memberikan ganti kepada kami dengan yang lebih baik daripada itu, sesungguhnya kami mengharapkan ampunan dari Tuhan kami.

2. Agar Mendapat Keberkahan

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan

Artinya: Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya).

3. Supaya Banyak Pembeli

اللّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَ رِزْقًا طَيِّبًا وَ عَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as’aluka, ‘ilman nafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa a’malan mutaqobalan.

Artinya: Ya Allah aku mohon kepadamu, berikanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amalan yang diterima disisimu.

4. Doa Pelaris Dagangan Mujarab

للَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو، فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma rahmataka arjuu fa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin wa ash-lihlii sya’nii kullahu laa ilaha illa anta

Artinya: Ya Allah, hanya rahmat-Mu yang kuharapkan! Maka janganlah Engkau serahkan aku kepada diriku meski sekejap mata, dan perbaikilah urusanku seluruhnya. (Sungguh) tidak ada tuhan selain Engkau. (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Hibban).


(ACF)