8 Hal Sunah yang Dapat Dilakukan saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Siti Mahmudah - Ramadhan 2021 16/04/2021
Gambar oleh Ahmed Sabry dari Pixabay
Gambar oleh Ahmed Sabry dari Pixabay

Oase.id - Sama seperti ibadah lainnya, puasa Ramadhan juga memiliki banyak kesunahan. Sunah-sunah puasa tersebut apabila dikerjakan akan menambah pahala bagi yang mengerjakannya. Sayang sekali kalau hanya dilewatkan, karena hanya satu tahun sekali dan banyak keutamaan.

Untuk itu, yuk simak 8 hal sunah yang dapat dilakukan saat berpuasa di bulan ramadhan. Berikut ulasannya:

1. Menyegerakan berbuka

Menyegerakan berbuka puasa adalah salah satu bentuk menjalankan sunah Nabi Muhammad ﷺ . Apabila telah diyakini sudah terbenam matahari, maka dianjurkan untuk segera berbuka. Usahakan berbuka terlebih dahulu sebelum mengerjakan salat maghrib. 

2. Berbuka dengan kurma atau sesuatu yang manis

Hal ini diperintahkan oleh Nabi ﷺ dan dianjurkan untuk memakan 3 butir kurma. Kalau tidak bisa mendapatkan kurma, maka disunahkan berbuka dengan sesuatu yang manis dan dengan meminum beberapa teguk air sekali pun air zamzam. 

Imam Rafi’i dan Nawawi mengatakan, tidak ada hidangan berbuka yang lebih utama setelah kurma dan air. Sementara ucapan Imam Al-adzra’i, bahwa buah anggur itu sepadan dengan kurma.

3. Makan sahur di Akhir Waktu

Waktu kesunahan makan sahur dimulai tengah malam. Namun, melakukannya di akhir waktu akan mendapatkan kesunahan yang sempurna. Berdasarkan hadis, kesunahan makan sahur tersebut adalah dengan buah kurma dan meminum seteguk air mineral atau air zam-zam.

4. Memberi makanan untuk berbuka

Berbuat kebaikan kepada kerabat atau tetangga dengan memberi makanan untuk berbuka mendapatkan suatu kesunahan. Hal tersebut dilakukan jika mampu. Namun, apabila tidak mampu maka cukuplah dengan memberi semacam minuman untuk menyegerakan berbuka.

5. Memperbanyak sedekah

Memperbanyak sedekah merupakan amalan yang paling dianjurkan Allah di bulan Ramadhan. Orang yang bersedekah di bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya 10 sampai 700 kali lipat. Sebagaimana dalil yang disampaikan Rasul, bahwa sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.

6. Memperbanyak Membaca Al-Quran

Memperbanyak membaca Al-Quran menjadi kesunahan saat berpuasa. Waktu yang utama untuk membaca Al-Quran adalah setelah subuh, waktu sahur, dan waktu antara maghrib dan isya. Namun, lebih utama lagi membaca Al-Quran pada waktu malam hari.

7. Mandi sebelum terbit fajar

Melakukan mandi sebelum terbit fajar juga sunah. Agar tidak terjadi ada air yang masuk ke jauf atau rongga mulut, telinga dan dubur. Karena sampainya air ke dalam rongga-rongga dapat membatalkan puasa. 

8. Memperbanyak mengerjakan ibadah dan i’tikaf

Nabi ﷺ menganjurkan untuk memperbanyak ibadah dan i’tikaf di bulan Ramadhan. Yakni, utamanya dilakukan pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Karena mengharapkan bisa bertepatan dengan keutamaan dan kemuliaan Lailatul Qadar.

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Fathul Mu’in karya Syekh Zainuddin bin Abdul Aziz Al-Malibari


(ACF)