10 Masjid Terbesar di Dunia, Istiqlal Urutan ke Berapa?

N Zaid - Masjid 24/07/2022
Masjid Al Saleh
Masjid Al Saleh

Oase.id  - Masjid di dunia memiliki arsitektur yang beragam dan menarik. Salah satu yang menjadi sorotan adalah Masjid Istiqlal. Majid kebanggaan Indonesia ini disebut salah satu dari 10 masjid terbesar di dunia. 

Berikut 10 masjid terbesar di dunia seperti dikutip dari uaemoments:

10. Masjid Jami Delhi

Kapasitas 25 ribu orang.

Di tempat ke-10 di antara masjid-masjid terbesar, atau Masjid Jami. Pendirian bangunan dimulai pada masa pemerintahan Shah Jahan I, padishah dari kerajaan Mughal.

Namanya tercatat dalam sejarah, ia diangkat atas perintah Jahan oleh makam megah masjid Taj Mahal. Pembangunan Masjid Jami selesai pada 1656. Masjid ini dapat menampung sekitar 25 ribu orang.

9. Masjid Sheikh Zayed 

Kapasitas 40 ribu orang.

Masjid Sheikh Zayed (Uni Emirat Arab) menempati urutan ke-9 di antara masjid-masjid terbesar di dunia. Terkenal tidak hanya karena ukurannya, tetapi juga karena keindahannya yang menakjubkan. Ini adalah salah satu perhiasan utama kota Abu Dhabi. 

Masjid mengesankan dengan interiornya: untuk dekorasi bangunan, marmer berwarna dan batu semimulia digunakan. Selain itu, inilah lampu gantung terbesar dan termewah di dunia. Luas masjid ini 22 ribu meter persegi.

8. Masjid Al-Saleh

Kapasitas 44 ribu orang.

Tempat kedelapan di antara masjid terbesar di dunia milik Masjid Al-Saleh, di Yaman. Pembukaan resmi tempat yang jadi ikon utama negara itu terjadi pada tahun 2008.

Pembangunan masjid dibiayai oleh Presiden Yaman, dengan menghabiskan dana US$ 60 juta. Masjid Al-Saleh adalah bangunan modern, yang menampung kelas pendidikan dan beberapa perpustakaan. Di aula utama bisa muat hingga 44 ribu orang.

7. Masjid Badshahi

Kapasitas 60 ribu orang.

Masjid Badshahi, yang terletak di kota Lahore, Pakistan, menempati urutan ke-7 dalam daftar struktur keagamaan terbesar di dunia Muslim.

Itu dibangun pada pertengahan abad XVII atas perintah penguasa terakhir dinasti Mogul Besar. Sekaligus di masjid bisa sampai 60 ribu orang.

6. Makam Imam Reza

Kapasitas 100 ribu orang

Tempat keenam di antara masjid-masjid terbesar di dunia adalah kompleks arsitektur dan keagamaan makam Imam Reza. Terletak di Iran, di kota Masyhad. Ini termasuk makam imam, serta makam tokoh agama Islam lainnya, masjid, kuburan, perpustakaan, dan museum. Mausoleum adalah daya tarik wisata utama Iran, yang setiap tahun dikunjungi hingga 20 juta pengunjung.

Ketika pada tahun 818 Imam Reza, yang memiliki popularitas besar di antara orang-orang, terbunuh, dia dimakamkan di dekat makam Harun al-Rashid yang agung. Segera di sekitar makam tumbuh kota Masyhad. Pembangunan kompleks dimulai pada abad ke-13, pada masa pemerintahan dinasti Timurid. Masjid pertama di tempat pemakaman imam dibangun pada abad XI, tetapi segera dihancurkan. Luas kompleksnya sekitar 331 ribu meter persegi. Meter. Memegang makam 100 ribu orang.

5. Masjid Hassan II
 
Kapasitas 105 ribu orang.

Masjid Hassan II berada di tempat ke-5 di antara konstruksi keagamaan terbesar di dunia Muslim. Terletak di kota Casablanca, Masjid Hassan mencolok tidak hanya karena ukurannya yang besar, tetapi juga karena keindahannya — pemandangan Samudra Atlantik yang menakjubkan dari aula kaca kuil yang besar.

Masjid ini menampung 105 ribu orang. Luas candi ini sekitar 9 hektar. Fakta menarik: semua 800 juta dolar yang dihabiskan untuk membangun masjid adalah sumbangan sukarela.

4. Masjid Istiqlal

Kapasitas 120 ribu orang.

Masjid Kemerdekaan atau Istiqlal, milik Indonesia menempati urutan ke-4 di antara masjid-masjid terbesar di dunia. Ketika Indonesia memperoleh kemerdekaan, para tokoh memutuskan untuk mengabadikan pembangunan struktur keagamaan terbesar di Asia Tenggara.

Pembangunan masjid dimulai pada tahun 1961. Kapasitasnya menampung sekitar 120 ribu pengunjung pada saat yang bersamaan. Luas masjid ini 10 hektar.

3. Masjid Faisal

Kapasitas 300 ribu orang.

Tempat ketiga di antara masjid terbesar di dunia milik masjid Faisal, yang terletak di Islamabad. Pembangunannya dibiayai oleh pemerintah Arab Saudi. Bangunan masjid terletak di daerah yang indah.

Patut dicatat bahwa desainnya sangat berbeda dari arsitektur tradisional tempat ibadah Muslim. Yang paling utama dalam penampilan, bangunan itu menyerupai tenda seorang pengembara Badui. Desain yang diimpikan selama pemasangannya menyebabkan ketidakpuasan besar, tetapi setelah konstruksi selesai, para kritikus mengakui bahwa mereka salah. Masjid Faisal menampung sekitar 300 ribu orang. Luas masjid 5 ribu meter persegi.

2. Masjid Nabawi

Kapasitas 1 juta orang

Kedua terbesar dan terpenting bagi muslim adalah masjid di dunia yang ada di Madinah. Ini adalah Masjid Nabawi, atau Masjid al-Nabawi. Secara umum diyakini bahwa pembangunan dimulai pada 622, dan Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasalam sendiri berpartisipasi di dalamnya.

Pada waktu biasa masjid nabi menampung sekitar 600 ribu orang. Selama ziarah itu dapat menampung hingga 1 juta orang. Luas masjid ini sekitar 400 ribu meter persegi.

1. Masjidil Haram

Kapasitas 2 juta orang

Di tempat pertama di antara masjid-masjid terbesar di dunia adalah Masjidil Haram, atau disebut Al-Haram. 

Masjid ini pertama kali disebutkan pada tahun 638. Selama berabad-abad keberadaannya, masjid utama umat Islam ini berulang kali dibangun kembali untuk menampung sebanyak mungkin pengunjung. Sekarang Masjidil Haram  bisa menampung sekitar 1 juta orang. 

Jika diperhatikan dan berdekatan dengan areal masjid, jumlah pengunjung masjid ini bisa mencapai lebih dari 2 juta orang. Luas kompleks keagamaan adalah 357 ribu meter persegi. Tetapi masjid ini masih berpotensi terus berkembang.


(ACF)
TAGs: Masjid