Doa Nabi Sulaiman yang Bisa Kita Amalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Octri Amelia Suryani - Doa Sehari-hari Nabi Sulaiman 28/09/2021
Doa (Gambar oleh İbrahim Mücahit Yıldız dari Pixabay)
Doa (Gambar oleh İbrahim Mücahit Yıldız dari Pixabay)

Oase.id - Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, umat muslim dianjurkan untuk selalu mengingat Allah. Termasuk di dalamnya ialah memanjatkan doa kepada Pemilik Alam ini.

Berdoa merupakan sarana kita untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta. Berkomunikasi untuk mengucap syukur, memohon ampunan, memohon rahmat dan sebagainya.

Di antara banyaknya bacaan doa untuk diamalkan, salah satu doa yang baik juga diamalkan adalah doa Nabi Sulaiman. Doa dan kisah Nabi Sulaiman a.s. yang tertulis dalam Kitab Suci Al-Quran diharapkan bisa menjadi referensi bagi umat Islam untuk meneladani kebijaksanaannya.

Berikut ini beberapa bacaan doa Nabi Sulaiman yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Doa Nabi Sulaiman untuk Bersyukur kepada Allah SWT

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Artinya: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.” (QS. An-Naml: 19)

2. Doa Nabi Sulaiman untuk Memohon Kelancaran Rezeki

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya: “Ya Rabku, ampuni segala dosaku dan beri kepadaku kerajaan yang tidak akan bisa dimiliki oleh seorang pun setelahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (QS. Sad: 35)

Doa ini dapat dibaca setiap selesai salat wajib. Untuk diketahui juga bahwa doa ini akan lebih baik bila dibaca usai salat Dhuha.

3. Doa Nabi Sulaiman untuk Menjinakkan Hewan

Nabi Sulaiman adalah nabi yang terkenal akan mukjizatnya. Yakni, memiliki kemampuan berbicara dengan hewan. Dengan mukjizat tersebut, Nabi Sulaiman mengajarkan doa menjinakkan hewan dan melindungi diri dari bahaya.

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ , اَلَّا تَعْلُوا عَلَىَّ وَاْتُونِى مُسْلِمِيْنَ

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.”

4. Doa Nabi Sulaiman untuk Mengusir Jin

Selain mukjizatnya bisa berbicara dengan hewan, Nabi Sulaiman ialah juga memiliki kemampuan berkomunikasi dengan jin. Ada satu doa Nabi Sulaiman yang dapat dibaca untuk menyembuhkan seseorang yang kerasukan jin.

اللهم أدخلنا فى سـور سـليمان وملك سـليمان من المشـرق الي المغرب بذاته وصفاته وأفعاله وقوته وسـلام يارب جبريل وميكائيل وإسـرافيل وعزرائيل وملك سـليمان من المشـرق الي المغرب جنا وإنسـانا وريحا وغماما تسـليما كثيرا وسـبحانه وتعالى جل جلاله وكماله عليما
يا إبليس يا إبليس يا إبليس والشـياطين سـاكنا فى الظلماتربنا تقبل منا دعاء سـليمان وصلى الله على سـليمان وعلى سـائر الأنبياء برحمتك يا أرحم الراحمين

Artinya: Ya Allah, masukkan kami dalam kawalan lingkungan Nabi Sulaiman, dan Nabi Sulaiman telah memiliki daripada timur dan barat dengan kebolehan anugerah Allah, sifat, perbuatan-perbuatan dan juga kekuatannya. Selamat sejahterakanlah kami wahai Tuhan Jibrail, Mikail, Israfil, dan Izrail.

Telah menguasai Nabi Sulaiman dari timur dan barat, jin, manusia, angin dan awan, berserta keselamatan yang banyak. Maha suci Allah Ta’ala yang Maha Mulia kemuliaan dan kesempurnaan-Nya, ketahuilah oleh kamu, wahai iblis, wahai iblis, wahai iblis, setan-setan tinggal dalam kegelapan.

Wahai Tuhan kami, terimalah dari pada kami doa Nabi Sulaiman dan semoga rahmat Allah atas Nabi Sulaiman, juga para nabi dengan rahmat-Mu, ya Allah yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi.

Doa tersebut di atas dibacakan di telinga kanan orang yang kerasukan sambil menekan kedua jempol kakinya, insyaallah jin akan keluar tanpa menyakitinya.


(ACF)